Nak Samo Lapang Jalan ka Sarugo

Balai Kaco | Sakubang – Sesuai bak namanya “Balai Kaco” membuat dinamika Pembangunan ulang Masjid Baitur Rahman Payobasuang menjadi semakin jelas dan menemui titik terang. Hal itu didapat setelah para Niniek Mamak dan Tokoh Masyarakat mengadakan rapat besar di Balai Kaco, Sawah Kubang.

Salah satu fungsi mendasar dari Masjid adalah membangun kebersamaan – itu lah makna esensi dari kata JAMA’AH. Dan apapun amal sholeh secara bersama-sama maka Allah SWT akan memberikan PAHALA berlipat ganda. Adat mengatakan Duduek sorang basompik-sompik, duduek basamo balapang-lapang. Saiyo mako sakato, sasuai mako takonak. Ada barokah dan kemudahan dalam musyawarah dan mufakat.

Dan tentunya, dalam kebersamaan ini kita sama-sama berharap, Nak Samo Lapang Jalan ka Sarugo… Insya Allah. Aamiin.

Selanjutnya, seperti dilaporkan oleh DH Datuek Marajo Dirajo nan Mudo di Laman Facebook Anak Nagari Payobasuang malam ini. Kontan saja semua warga Payobasuang, baik di Kampuang dan di Rantau menyatakan LEGA dan menaruh HARAPAN yang BESAR agar masjid yang sama-sama kita cintai segera terwujud dan berdiri dengan megah.

Selengkapnya kami kutipkan langsung laporan tertulis yang disampaikan, agar dapat kita pahami dan maklumi bersama. Ini dia:

Alhamdulillah…, Rapat yang penuh gairah persatuan dan kebersamaan hari ini telah menghasilkan beberapa keputusan strategis untuk kelanjutan pembangunan Masjid Baturahman. Rapat dihadiri Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasuang dan Dewan Penasehat yang datang dari rantau.

Rapat hari ini (Rabu, 14 Nop) memutuskan tiga poin melanjutkan rapat kemarin, antara lain:

  • Mengingat dan menimbang berbagai hal, Rencana Pembangunan Masjid akan diserahkan kepada pihak ketiga atau kontraktor. Panitia akan lebih fokus pada fungsi kontrol dan penggalangan dana.
  • Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid Baiturahman yang baru.Ketua Umum: AJ Datuek Mangun Nan Panjang. Sekretaris: Mairizal Laili. Panitia bertanggung jawab kepada KAN Payobasuang.
  • Akan dibuat badan Hukum Resmi dalam bentuk Yayasan yang salah satunya membawahi Pembangunan Masjid menurut UU no 23 Tahun 2014. Yayasan ini rencananya akan bersifat umum meliputi berbagai aspek pembangunan dalam Nagori.

Perlu diketahui, Panitia yang baru terpilih menyatakan agar masyarakat bersabar mengenai kelanjutan pembangunan Masjid, karena akan dilakukan analisa dan pengkajian yang dalam mengenai perencanaan pembangunan. Bahwa pembangunan akan dimulai setelah segala sesuatu mengenai perencanaan sudah matang.

Suasana Rapat hari ini penuh ke ceriaan dan keakraban dari semua pihak. Terimakasih atas keterlibatan semua pihak, perhatian dan kepeduliannya. Semoga gelombang energi positif ini semakin besar melibatkan semakin banyak pihak perantau maupun yang di kampuang.Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. ***

Pihak Ka-Ompek Suku dalam Nagori akan kita posisikan dalam posisi yang tepat dianjungkan sebagai Petinggi Nagori yang akan memberikan nasihat terhadap hal-hal yang tumbuh di Nagori. Ka-Ompek Suku tidak semestinya lagi melakukan pekerjaan-pekerjaan praktis. Kita butuhkan petuah dan nasehatnya saja. Begitu kesepakatan yang sudah bulat dan memenuhi kuorum.

Selanjutnya tugas kita bersama untuk mendukung sepenuh hati kerja-kerja yang akan kita hadapi bersama-sama. Majulah Payobasuang.

(DH. Datuek Marajo Dirajo nan Mudo)


Beberapa tanggapan yang dapat kami tuliskan di sini adalah:

“Insya Allah roda Pembangunan Masjid Baitur Rahim akan lancar di bawah komando saudara kita AJ Datuek Mangun nan Panjang. Mari sama-sama kita bantu beliau.” – (Ompang Limo Putieh)

“Alhamdulillaah, lah ado kato sepakat. Anak Nagori jo KAN membangun Masojik kito di Payobasuang. Mudah-mudahan dilancarkan Allah SWT jalannya, aamiin yaa Robbal’aalamin” – (Meidi Noviri)

“Bontuek iko yo lay sonang hati maandongoh eh, Semoga Pemabangunan Masjid bisa segera dimulai daan selesai dengan cepat.” – (Ilham Syah)

“Mudah-mudahan Pembangunan Masojik awak bisa berjalan lancar, aamiin yaa Robbal’aalamin” – (Ongku Luma)

“Aamiin, dan semoga jamaahnya pun bertambah banyak.” – (Yogi Saputra)

“Mantap!!!” – (Alimin Abbas)

Ada Saran?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: