Proposal Anggaran

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT, kepadaNya kita memohon pertolongan, ampunan dan perlindungan dari segala kelemahan dan cobaan. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan hidayah dan kekuatan iman kepada kita dalam menghadapi dan menjalaninya. Sholawat dan salam kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalahNya bagi kemaslahatan umat mencapai kesempurnaan hidup lahir dan bathin, semoga kita termasuk umat yang mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir, aamiin.

Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un, kalimat inilah yang kami ucapkan atas musibah robohnya bangunan masjid Baiturrahman pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018 pukul 17.00 WIB. masjid kebanggaan masyarakat Nagari Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur yang telah berdiri sejak tahun 1921 M hanya tinggal nama. Hampir seluruh bangunan ambruk dan rata dengan tanah setelah jama’ah masjid menunaikan ibadah sholat Ashar, syukur Alhamadulillah dalam musibah tersebut tidak terjadi korban jiwa manusia.

Pada kesempatan pertama tanggal 6 Februari 2018 Anak Nagari Payobasuang melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN) mengadakan musyawarah dengan Anak Nagari Payobasung serta pejabat Instansi Kecamatan Payakumbuh Timur untuk membicarakan tindak lanjut atas terjadinya musibah tersebut, dengan membentuk Panitia Pembangunan masjid Baiturrahman (PPMB) sebagai representasi dari Anak Nagari Payobasuang, yang akan bertugas membangun kembali keberadaaan masjid Baiturrahman sebagai sarana tempat ibadah umat Muslim yang layak dan memenuhi syarat khususnya bagi masyarakat Payobasung.

PPMB bertanggung jawab dalam menyusun program jangka pendek maupun jangka panjang untuk membangun kembali masjid Baiturrahman, mulai dari aspek perencanaan teknis, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta penggalian dan pencarian sumber dana guna mewujudkan terlaksananya pembangunan masjid sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an, Q.S At Taubah-18: Hanya yang memakmurkan masjid–masjid Allah adalah orang–orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, tetap mendirikan Sholat, menunaikan Zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang–orang yang termasuk golongan yang mendapat petunjuk.

Demikian juga dengan Hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapaa membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah Istana di Surga.”

Menyadari bahwa memakmurkan Rumah Allah termasuk membangun dan memeliharanya, adalah suatu kewajiban bagi kaum Muslimin, untuk itu kami mengharapkan partisipasi nyata dari kaum muslimin dimanapun berada untuk dapat memberikan dukungan Moril dan Materil, khususnya berupa wakaf, infak, shadaqah jariah dan sumbangannya, guna terwujudnya pembangunan kembali masjid Baiturrahman di Nagari Payobasung.

Semoga keikhlasan Bapak, Ibu, Saudara para dermawan menjadi jalan menuju ketaqwaan dan Insya Allah termasuk golongan orang–orang yang akan dibangunan istana di surga, karena telah membangun rumah Allah di muka bumi, Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Demikianlah harapan dan permohonan ini kami sampaikan, atas bantuan dan partisipasi Bapak, Ibu, Saudara semoga mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah, Swt.

Wassalamu` alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Panitia Pembangunan masjid Baiturrahman Payobasuang.
Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Ketua Umum

H. Ir. Asmara Joni, MM
Datuek Mangun nan Panjang

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

PENDAHULUAN

Pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018 sekitar pukul 17.15 WIB setelah selesainya pelaksanaan sholat Ashar berjama’ah, tidak ada gempa, badai dan hujan tiba–tiba bangunan masjid Baiturrahman ambruk dan sebagaian besar bangunan roboh. Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa manusia karena jama’ah sudah meninggalkan area masjid.

Masjid Baiturrahman adalah kebanggaan masyarakat Nagari Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, berdiri sejak tahun 1921 M dengan luas bangunan ±540 M2 dan telah beberapa kali direnovasi baik untuk perluasan area maupun keindahan bangunan.

Keberadaan masjid selama ini selain tempat ibadah dan kegiatan agama lainnya, juga mempunyai bangunan khusus diluar area bangunan masjid yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan Agama Islam khususnya pembelajaran Agama Islam dan Al Qur`an mulai dari tingkat anak-anak sampai remaja yang telah berjalan sejak dahulunya.

Peristiwa dan musibah robohnya bangunan masjid Baiturrahman telah membuat anak Nagari Payobasung berduka. Berita musibah duka ini begitu cepat tersebar baik kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat bahkan sampai daerah luar Sumatera Barat. Masyarakat umum dan Walikota Pemerintah Kota Payakumbuh Bpk. Ir. H. Reza Falepi beserta jajaran dan instansi terkait mendatangi lokasi melihat kondisi masjid dan sekaligus memberikan pengarahan untuk menentukan langkah–langkah mulai dari pembersihan area dari puing-puing bangunan masjid dan mempersiapkan program rencana pembangunan kembali masjid Baiturrahman, agar dapat digunakan sebagai sarana tempat ibadah masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari pengarahan Walikota Payakumbuh, Anak Nagari Payobasung melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasung, meliputi 3 (tiga) Kelurahan yaitu Kelurahan Payobasung, Kelurahan Koto Panjang dan Kelurahan Koto Baru, telah sepakat untuk melaksanakan gotong royong (Goro) pada hari Senin 29 Januari 2018 untuk pembersihan puing–puing reruntuhan bersama instansi terkait dengan menggunakan sarana peralatan alat berat dari Dinas PU Kota Payakumbuh.

Disamping itu dalam rangka mempersiapkan rencana pembangunan kembali masjid Baiturrahman, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasung meliputi Pemangku Adat/Ninik Mamak dan unsur Pemuka Masyarakat Payobasung pada tanggal 6 Februari 2018 telah melaksanakan rapat/musyawarah untuk membentuk Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman (PPMB) dan sekaligus memberikan mandat untuk mempersiapkan Perencanaan jangka pendek dan panjang, meliputi aspek Perencanaan dan Teknis pembangunan, rencana anggaran biaya dan aspek lainnya agar pelaksanaan pembangunan masjid dapat segera dapat dilaksanakan.

Pada tanggal 12 November 2018 Kerapatan Adat Nagari (KAN) melakukan rapat evaluasi secara menyeluruh terhadap kegiatan Pembangunan masjid Baiturrahman yang telah berjalan sejak bulan Mei 2018, diikuti Ninik Mamak Kenagarian Payobasung, Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman dan dewan Penasehat, Alim Ulama, Bundo Kanduang, unsur pemuka masyarakat Payobasung dan Perantau.

Musyawarah tersebut menghasilkan keputuskan untuk melakukan revisi menyeluruh terhadap program kerja, aspek teknis dan penyempurnaan struktur kepanitiaan yang lebih lengkap dan komprehensif, dengan tujuan agar pelaksanaan pembangunan masjid yang telah berjalan dapat lebih terarah, efektif dan memenuhi standar teknis yang lebih baik, serta langkah–langkah penggalian dan pengumpulan dana yang berasal dari sumbangan, wakaf, infak, shadaqah dari masyarakat luas dapat tercapai sesuai harapan bersama.

DASAR DAN PEDOMAN
Al Qur`anul Karim dan Hadits Nabi Muhammad SAW.
Aspirasi dan kebutuhan umat Islam terhadap keberadaan masjid sebagai tempat beribadah.
Peranan masjid sebagai pusat penyebarluasan dan pengembangan ilmu agama Islam serta meningkatkan ukhwah islamiah.

LATAR BELAKANG

Dengan robohnya bangunan masjid Baiturrahman pada tanggal 27 Januari 2018 dan begitu pentingnya peranan dan fungsi masjid bagi masyarakat dalam berbagai bidang, maka Anak nagari Payobasung bertekad membangun kembali masjid Baiturrahman yang lebih baik, megah, layak dan nyaman sebagai sarana tempat Ibadah dan kegiatan agama Islam lainnya.

Besarnya potensi dan kemampuan anak Nagari Payobasung di segala bidang dan profesi, baik yang berada di kampung maupun di perantauan, diyakini akan dapat memberikan kontribusi positif, baik tenaga dan kemampuan material dalam membangun kembali masjid Baiturrahman Payobasung.

MAKSUD DAN TUJUAN

MAKSUD

  • Masjid sebagai sarana bagi jama’ah dalam menunaikan ibadah, baik bagi masyarakat Payobasung maupun umat islam lainnya.
  • Membangun masjid yang layak, memenuhi standar teknis sebagai tempat ibadah dan pengembangan agama Islam.
  • Mendorong umat Islam untuk peduli, gemar dan cinta berwakaf, bersedekah dan infak untuk pembangunan masjid sebagai tempat ibadah.

TUJUAN

  • Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
  • Meningkatkan kualitas ibadah.
  • Meningkatkan kegiatan dakwah dan majelis ilmu untuk masyarakat Payobasung dan sekitarnya.

MANFAAT

Sebagai tempat beribadah dalam peningkatan pengetahuan agama islam dan sarana meningkatkan silaturahim serta mempererat ukhuwah islamiah bagi kaum muslimin Nagari Payobasung dan sekitarnya.
Sebagai sarana dakwah dan pendidikan agama Islam yang lebih luas, khususnya untuk generasi muda nagari Payobasung dan sekitarnya.

PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN MASJID BAITURRAHMAN

Target dan sasaran pembangunan kembali masjid Baiturrahman

  • Mengingat jumlah penduduk Nagari Payobasung semakin meningkat mencapai jumlah ±8,000 jiwa dan keberadaan masjid Baiturrahman yang lama sudah tidak mampu menampung jumlah jama’ah yang semakin banyak, maka sangat diperlukan bangunan masjid yang lebih luas dan bangunan sarana prasarana pendukung yang lebih lengkap.
  • Melengkapi seluruh fasilitas penunjang sarana masjid sesuai kebutuhan, baik tempat Wudhu, toilet, perpustakaan, sarana Pendidikan Sekolah Agama, tempat Takmir, fasilitas ruang terbuka untuk kegiatan keagamaan serta fasilitas umum lainnya.
  • Diharapkan Panitia Pembangunan masjid Baiturrahman yang telah disempurnakan, dapat melaksanakan kegiatan pembangunan masjid dengan baik dan lancar sesuai dengan program kerja yang telah disepakati bersama.

Rencana Kegiatan Pembangunan

Dalam rangka mewujudkan pembangunan kembali masjid Baiturrahman agar dapat berjalan dengan baik, terukur dan memenuhi aspek teknis pembangunan yang layak, maka telah disusun rencana kegiatan sesuai dengan tahapan–tahapan sbb:

  • Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman.
  • Mempersiapkan perencanaan teknis desain dan teknis pelaksanaan pembangunan masjid, Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta rencana penggalangan sumber dana pembangunan.
  • Inventarisasi kebutuhan area luas tanah untuk mendukung perluasan area masjid yang dibangun, serta pengurusan semua aspek hukum yang diperlukan untuk pembangunan masjid (IMB dan sertifikasi Tanah)
    Penyusunan Proporsal lengkap dan surat dukungan juga rekomendasi dari Instansi terkait.
  • Upaya penggalangan sumber dana pembangunan berupa wakaf, infak, shadaqah dan sumbangan dari masyarakat luas, Instansi Pemerintah, lembaga swasta dan pihak lainnya.
  • Proses pelaksanaan pembangunan fisik masjid sesuai dengan program kerja yang telah disepakati, baik untuk jangka pendek dan jangka panjang.
  • Program Evaluasi dan pengawasan kegiatan pembangunan secara rutin.

SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN MASJID BAITURRAHMAN

Terlampir. (klik di sini)

GAMBAR DESAIN DAN KONSTRUKSI BANGUNAN

Sesuai dengan keputusan Rapat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasung dan aspirasi masyarakat Payobasung, berharap bangunan masjid dapat diperluas guna dapat menampung kebutuhan jama’ah yang semakin banyak, maka Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman telah bekerja sama dengan Konsultan Perencana CV. DESIGN 2000 Kota Payakumbuh, untuk mempersiapkan Perencanaan Desain Gambar dan Teknis bangunan masjid Baiturrahman baru. Dan sesuai keputusan bersama telah dilakukan revisi terhadap Perencanaan Desain Gambar dan aspek teknis. (Revisi Gambar dan Desain Perencanaan masjid terlampir).

RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DAN SUMBER DANA

Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan

Berdasarkan hasil evaluasi bersama Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman dengan Konsultan Perencana, telah disepakati perubahan (revisi) gambar desain masjid, struktur teknis konstruksi dan secara langsung juga dilakukan revisi Rencana Anggaran Biaya (RAB) menjadi sebesar Rp. 7,016,000,000.- dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebelumnya mencapai jumlah sebesar Rp. 9,173,737,000.- (Rencana Anggaran Biaya terlampir.)

Sumber Dana Pembangunan.

Guna menunjang terlaksananya Pembangunan kembali masjid Baiturrahman sesuai dengan harapan Anak Nagari Payobasung, sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, agar dapat menyalurkan wakaf, infak, shodaqoh dan sumbangan guna terlaksananya pembangunan masjid Baiturrahman sesuai dengan tahapan dan program kerja, yang berasal dari:

  • Masyarakat Nagari Payobasung dan Perantauan.
  • Masyarakat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dan Perantauan.
  • Instansi Pemerintah Kota Payakumbuh, Provinsi Sumarera Barat, BUMN, BUMD dan Swasta.
  • Lembaga–lembaga lain yang berhubungan dengan kegiatan umat Islam.

Untuk menampung seluruh sumbangan dan aktivitas keuangan Pembangunan masjid Baiturahman, telah dipersiapkan Rekening Bank atas nama Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman Payobasung, sbb:

  • Bank Syariah Mandiri KC Payakumbuh Nomor Rekening: 270.120.1801
  • Bank B N I KC Payakumbuh Nomor Rekening : 681.019.380

EVALUASI

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan mulai dari perencanaan teknis sampai dengan dimulainya kegiatan pembangunan masjid pada bulan Juli 2018, dalam kesempatan ini Panitia Pembangunan masjid Baiturrahman menyampaikan laporan singkat Progres pekerjaan yang telah dilaksanakan, meliputi:

PENAMBAHAN LUAS TANAH AREA MASJID

Untuk menampung perluasan area bangunan masjid dan fasilitas lainnya sesuai dengan perencanaan, maka telah diperoleh tambahan area tanah seluas 480 M2 yang berasal dari wakaf tanah dari Kaum Dt. Rajo Malikan nan Kuniang suku Malayu, saat ini sedang dalam proses pembuatan Sertifikat Tanah melalui Badan Pertanahan Payakumbuh, dengan demikian luas area masjid Baiturrahman bertambah dari sebelumnya 2.255 M2 menjadi 2.735 M2.

PERIZINAN DAN ANALISA TEKNIS LOKASI

Guna memenuhi ketentuan dan persyaratan dalam pembangunan sarana masjid Baiturrahman, telah dilakukan pemenuhan proses perizinan khususnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas Tata Kota Payakumbuh.
Disamping itu untuk menghindari kemungkinan terjadinya musibah terhadap bangunan masjid, terutama untuk menunjang keberadaan bangunan masjid baru ini, maka telah dilakukan penelitian dan analisa tanah lokasi yang berasal dari Lembaga Geologi Tanah Provinsi Sumatera Barat.

PROGRES PEMBANGUNAN MASJID

Berdasarkan laporan kegiatan pelaksanaan pembangunan sampai dengan bulan Januari 2019, realisasi pelaksanaan pembangunan masjid mulai dari Tahapan Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Pondasi dan Basement telah mencapai 65% dan saat ini sedang dilakukan persiapan pengecoran lantai 2. Secara akumulatif progres kegiatan Pembangunan telah mencapai 39,6 % .

Diharapkan sebelum bulan Mei 2019 bangunan lantai 1 masjid sudah dapat digunakan kaum Muslimin untuk melaksanakan ibadah sholat Tarawih Ramahan 1441 H, walaupun kegiatan pembangunan masjid masih berjalan. (dalam kondisi darurat)

REALISASI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN DANA

Realisasi Penerimaan Dana.

Berdasarkan data keuangan Panitia Pembangunan masjid Baiturrahman per, 31 Januari 2019 Realisasi dana yang telah diterima berasal dari wakaf, infak, shodaqoh dan sumbangan telah mencapai jumlah sebesar Rp. 2.276.289.400.- (Dua milyar dua ratus tujuh puluh enam juta dua ratus delapan puluh sembilan ribu empat ratus rupiah).

Jumlah tersebut sudah termasuk adanya sumbangan langsung berupa material bahan bangunan, semen, besi, batu bata, dll.

Realisasi Penggunaan

Realisasi penggunaan dana pembangunan masjid sampai dengan 31 Januari 2019 telah mencapai jumlah sebesar Rp. 1.996.312.529.- (Satu milyar sembilan ratus sembilan puluh enam juta tiga ratus dua belas ribu lima ratus dua puluh sembilan rupiah) atau mencapai 28,44% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Kebutuhan Dana Tambahan.

Agar pelaksanaan pembangunan masjid dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tahapan pelaksanaan pembangunan, maka masih sangat dibutuhkan tambahan sumber dana sebesar Rp. 4.739.710.600.- (Empat milyar tujuh ratus tiga puluh sembilan juta tujuh ratus sepuluh ribu enam ratus rupiah).

PENUTUP

Bahwa sesungguhnya masjid itu milik Allah SWT, oleh karena itu segala bentuk kegiatan; membangun, memelihara dan memakmurkan masjid menjadi tanggung jawab umat islam untuk menjadikannya sebagai pusat ibadah kaum muslimin dalam pengembangan, penghayatan dalam membentuk karakter manusia beriman dan bertaqwa sesuai tuntunan al Qur’an dan as Sunnah.

Ya Allah ya Rahman, limpahkanlah Rahmat Karunia Iman, Kesehatan dan Kekuatan kepada kami sebagai Panitia Pembangunan agar dapat dan mampu membangun kembali masjid Baiturrahman sebagai tempat ibadah Anak Nagari Payobasung.

Doa dan harapan kami, semoga Allah SWT membukakan pintu hati umat muslim dimanapun berada. Juga Instansi Pemerintah, Swasta dan lembaga lainnya untuk dapat menyalurkan wakaf, infak, shodaqoh guna terlaksananya pembangunan masjid Baiturrahman sesuai rencana. Semoga semua amal baik Bapak, Ibu, Saudara mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Aamin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Wabillahi Taufik Walhidayah,
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

H. Ir. Asmara Joni, MM
Datuek Mangun nan Panjang