Usai Goro Suku Bodi, Pekerjaan Menara dan Kubah Dimulai

Sakubang (Maret 2019) – Ahad 17 Maret kemarin lusa, Pasukuan Bodi juga mengerahkan anak-kemenakannya untuk bergotong-royong ke masjid Baitur Rahman. Hal ini tentu disambut gembira oleh masyarakat dan Panitia Pembangunan Masjid Baitur Rahim (PPMB) tentunya. “PPMB merespon dengan baik tentang pelaksanaan gotong royong dari masing masing suku yang telah dilakukan oleh dunsanak dari Patopang, Malayu, dan Bodi kemarin. Hal ini adalah merupakan spontanitas dari dunsanak kita tsb, mudah mudahan akan diikuti oleh kelompok/suku yang lain dan dapat menghubungi PPMB atau Pengurus Masjid Baiturrahman Payobasung” begitu Wakil Ketua I PPMB, YK. Dt. Siri Mudo menuliskan apresiasi dan penghargaannya.

Lebih lanjut, terkait dengan pehatian masyarakat soal anggaran pembangunan, pak Datuk yangg murah senyum ini, menyampaikan, “Walaupun pekerjaan sementara dikurangi volumenya, namun bantuan dari donatur yang di rantau dan di yang kampung Alhamdulillah tetap mengalir.

 

Proposal dan Anggaran

Terkait dengan target pekerjaan sampai terpasang kubah, pada Rapat Evaluasi Pekanan, bapak Riswandi selaku anggota Penggalangan Dana akan segera menemui pihak Pemerintah Kota Payakumbuh dan menyiapkan persyaratan pencairan bantuan senilai 75 juta rupiah. Sementara itu Wakil Ketua I, Orlanda memastikan proses pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berjalan lancar. “Sudah dikonfirmasi, pihak Dinas PU akan meneruskan ke Unit Pelayanan Satu Pintu dalam pekan ini”

Dan sehubungan dengan distribusi Proposal, JI. Dt. Munsaid nan Panjang menyarankan agar, “Proposal Pembangunan Masjid Baiturrahman Payobasung yang akan diberikan kepada calon donatur, dilengkapi dengan lampiran Daftar Realisasi Penerimaan bantuan dari donatur sebelumnya, sehingga diharapkan akan dapat memotivasi donatur lainnya.”

Kelanjutan GORO

Kaompek Suku, Y. Dt. Pangulu Bosa nan Gopuang, menyarankan agar pihak Kerapatan Adat Nagori (KAN) menjembatani dengan bijak dan mengatur dengan baik jadwal pasukuan yang akan bergotong-royong, agar aura kebersamaan ini tetap terjaga. “Setelah suku Pitopang, Malayu dan Bodi, suku apa lagi?” tanya beliau.

Tanya ini dapat jawaban dari Ninik Mamak suku Piliang yang juga Sekretaris Umum KAN Payobasung, ES Dt. Marajo Dirajo nan Hitam “Insya Allah Ahad depan kami dari suku Piliang yang akan gotong-royong.”

Agaknya dengan peningkatan gairah kebersamaan masyarakat cita-cita agar masjid Baitur Rahim dapatt digunakan bulan Ramadhan 1440 H mendatang akan terwujud. Meski demikian kami tetap membuka peluang amal sholeh berupa Waqaf, Infaq dan Shodaqoh dari kaum musliman di mana saja berada. [ ]

 

 

Ada Saran?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: